Mancing Sungai -Belajarlah dengan Alam-

Liburan panjang gini enaknya enjoy. Tetap semangat, nikmati kesempatan yang ada untuk mengumpulkan kebugaran, menjalin hubungan baik dengan relasi atau membuka peluang usaha baru. Atau ….. mancing !!!!!

Mancing kolam lebih mudah dilakukan dan persiapan yang singkat pun jadi. Mancing sungai… ehmm ini tantangan atau panggilan alam …hee… hee… Mancing sungai ada yang khusus untuk disiapkan. Partner di perahu, ikan yang hendak disasar, umpan yang sesuai, tali kenur juga rada besar, tidak bisa sehalus seperti di kolam dan juga joran (rod) serta penggulung (reel)-nya harus pas untuk mengangkat hasil tangkapan. Tidak ketinggalan logistik seharian diatas perahu (di pekanbaru/riau disebut pompong, di kalimantan : klotok) plus asesories tambahan seperti headlamp buat jaga-jaga kalo keasyikan narik sampai malam lupa pulang balik.  hee..hee…hee..      

Perkara hasil, tidak menjadi soal, tapi ….. seberapa tarikannya itu…. baru siippp… (jujur nih ya: tarikan ikan sungai atau kolam masih kalah kenceng sama tarikan ikan laut, walau lebih kecil ukurannya. Sebelumnya sewaktu di Tuban-Jatim, aku mancing di anjungan dermaga PT.Semen Gresik) Kalo di sungai Kampar Kiri dan sekitarnya, ikan Toman (snakehead) seperti ikan gabus besar, tarikannya bisa membuat joran (rod) meluncur seperti torpedo. Ikan Gurame sungai, memburunya di sekitar semak-semak bambu, di bawah ranting pohon tumbang di dalam air, di aliran air jernih (versi sungai hee.. hee.. ) yang mengalir tenang dan dijamin akan menguras kail ( bait ). Saran nih, pilih kail yang masih ada logamnya, biar bisa dibengkokin lagi …hee.. hee… (ngirit loe).

Tapi sayangnya, di lokasi mancing sungai favorit di Pekanbaru sekitar Buluhcina atau di Langgam Pangkalan Kerinci belum bisa dijangkau dengan sinyal Flexi atau T.Sel supaya kalau first strike bisa segera kirim sms atau kabar ke orang rumah (Ada sih beberapa yang ga ingin diganggu, tapi aku mancing masih ingat keluarga, lho ya). Kapan ya bisa diluasin coveragenya biar komunitas fisherman bisa didukung.

Belajar bersama Alam

Ada pelajaran berharga bila disimak, yaitu pelajaran langsung dari alam. Bila kita memilih mancing:

  • Ikan toman. Ikan ini dapat ditemui di daerah telaga/rawa, bukan di aliran sungai. Tempatnya sangat (dan harus) tenang. Perahu bila masuk ke areanya harus tanpa mesin alias dayung manual (berakit). Bersembunyi dibawah akar pohon telaga, atau tanaman air. Kemampuan memangsanya menakjubkan. Burung kecil / unggas yang biasanya hingap di ranting diatas air (mungkin mau mengincar ikan pantau kecil) disambarnya dengan lompatan cepatnya.

  • Alam ternyata mengajari kita bahwa kekuatan dan potensi yang tersembunyi, dalam hening didalamnya memberikan result yang menakjubkan dengan ketenangan hati (baca: bukan diam lho). Fisik tidaklah menjadi tolok ukur, tapi potensi dirilah (inner side) menjadi jati diri. RAHASIA : Ada yang spesial dari ikan toman ini, yaitu pada saat mengolah ikan toman ini untuk dimasak adalah empedunya. Pada saat dibersihkan, empedu ini disisihkan jangan sampai pecah dahulu. Setelah dicuci bersih, terakhir, lumurkan empedu tersebut. Ini yang menjadikannya lebih gurih, tidak getir. Aneh kan ?!

  • Ikan gurame. Dibalik rasanya yang mak nyus, ternyata ikan gurame hanya didapatkan di semak atau di rumpun ranting atau akar.

  • Inilah pelajaran alam. Untuk mendapatkan yang enak harus melewati rintangan yang harus memerlukan kesabaran, ketenangan dan keselarasan raga dan rasa dalam mengarah harapan pada waktu dan tempat yang benar. Dan hasilnya, uenak tenan !!

  • Ikan Baung. Tidak banyak teknik, tinggal beri batu yang cukup untuk membawanya ke dasar melawan arus sungai, lempar. Ikan ini jenis ikan dasar. Aku kurang begitu suka dengan mancing ini, kecuali kalo sudah janjian datang ke sungai dan air keruh karena hujan atau ada kiriman air dari hulu atau sebab lain non-teknis.

  • Pelajaran alam yang didapat: bagaimana pun situasi yang kita temui, kita hadapi, jangan dihindari (baca: melarikan diri) kenyataan. Walau keadaan tidak begitu sesuai dengan yang kita inginkan, tapi bila kita berusaha masih dapat yang enak, gurih dan nikmat itu kita dapatkan. Jadi jangan dihindari keadaan yang kita terima, karena itupun juga ada rejeki atau hikmat di dalamnya.

  • Udang. Semua pasti ngiler kalo lihat udang galah yang besar (kalo di laut Lobster, walau kini ada juga lobster air tawar). Memancing udang ini perlu piranti khusus : joran yang lentur, kenur yang kecil tapi kuat. Menariknya pun ada saatnya yaitu saat dia narik, jangan dihentak dulu. Pastikan kail telah ditelan udang dan hanya hentakan halus mendapatkan udang idaman.

  • Pelajaran alam : menghadapi perilaku halus (seperti gerakan udang) harus sabar dan halus pula, dan bila telah dapat diterima, maka hubungan erat akan tetap terjaga, tidak mudah terlepas.

Membangun Relasi

Biasanya aku kalo mancing bersama rekans lainnya, biar rame (bukan untuk buat keributan, lho). Kalau diatas pompong, biasanya kita bagi dalam 3 zona : depan, tengah alias atap, dan belakang. Idealnya sih cukup 2-3 orang saja + 1 operator perahu merangkap juru masak dan asisten nyemplung (kalo ada ikan gede yg mentok nyangkut di kayu ranting… hee.. hee.. )

Ada semacam konvensi, aturan tak tertulis. Kalo disebut etika kok tinggi banget rasanya.

  • Berdoa dahulu kepada Tuhan YME mohon keselamatan, diberikan ijin untuk menikmati anugerahNYA

  • Salam sapa dengan segenap makhluk sekitarnya

  • Harus mau beri perhatian rekan lainnya

  • Menjaga perasaan rekan lainnya. Sikap terbuka adanya sebelumnya akan sangat membantu.

  • Ikut senang kalo rekannya strike narik ikan

  • Nikmati zona yang sudah disepakati masing-masing, temukan keasyikannya

  • Jangan serobot zona rekan lain (lempar melintang jalur) tanpa seijin sebelumnya

  • Jangan maksain keinginan terhadap rekans lainnya, jangan mau hanya enaknya saja

  • Ajak / undang rekan yang belum dapat untuk dapat juga merasakan keasyikan yang kita dapat

  • Utamakan keselamatan bersama

Selamat menikmati mancing …. tarikkk

About these ads

21 Responses

  1. air lagi bagus, Bos. Ikannya pada ngumpul. Kapan order ?

  2. oh tentang kuliner lagi hunting infonya nih…, jadi belum ada.

  3. Sharingnya is ibadah, perbanyak sharing hal-hal yang lain Om & ditunggu posting selanjutnya.

    Salam,

  4. maniak mancing rupanya om ini….. walaupun sy tidak semaniak om tapi tip2nya oke juga….. tks postingnya & asik dibacanya….. ok keep in writing & i’ll enjoying to read

  5. Bukan main pengalaman mancingnya , terutama ikan Toman itu dimasaknya…. rernyata diluluri empedunya terlebih dahulu .
    Ok Bang kapan ke Lampung Asyik kita mancing dilaut di sekitar Teluk Selat Sunda

    Salam Sobat

  6. bos, klo mampir di jogja tak ajak ke pantai selatan. mancing kakap merah, baracuda di karang, tempatnya di ketinggian 20 meteran dari air.
    salam
    nunoe-fast

  7. Seharusnya judulnya “Memancing di sungai”. Ada lagi, memancing diair keruh…tahu nggak artinya??

  8. Mas Dony Irawan,
    salam kenal, saya baru belajar mancing, memang sangat mengasyikkan meski kadang pulang tak bawa ikan. saya tinggal di tampan- pekanbaru, mas Dony di mana ?

    lha sama…. saya juga masih “baru belajar”.. hee.. hee…
    soal bawa ikan ato tidak itu nomor 17..
    di pasar bawah, arengka masih banyak yang bisa dipancing … :-)
    saya disekitaran sudirman, mas
    kalo turunnya, biasanya di sekitar Buluh Cina, kalo sempat ya ke Langgam Pk.Kerinci .. gurame lagi naik nih ..
    tp terus terang… betotannya toman…. sedepppp… brrr…
    turun kemana long week-end ini ??

  9. Mancing ayo mancing.Blog nya bagus om.

  10. Asyik banget tarikan gurami ya boss…, sya juga sering narik gurami di sungai tapung kiri,tepatnya di arah hilir…joran padu sambung dua hampir nyemplung karena hentakan si gurami 4,5 kg, pengalaman yang tak terlupakan…

    pateennnn…..
    kalo tapung emang top dah.. simpan tuh lubuknya.. nanti temennya gurami lain yang seangkatan mau ikutan di lubuk itu.. hee..hee..hee..
    moga2 enjoy mancingnya dan semoga ga ketemu sama “nenek”…

  11. mantap dah kalo dapat ikan toman,tapi lebih asyik kalo baung lagi makan.tukang perahu tkg informasinya ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    halo bro,
    tempat & ikan toman sudah mulai terbatas & kita hrs hormati nelayan yg butuh isi periuk nasi, jadi memang yg dicari adalah sensasi. muantabb..
    kalo baung, kemarin ada spot di daerah Duri, sekitar hulu S.Rokan… waduh.. harus siap-siap mata kail yg hampir seukuran mata kail toman… bawa ukuran 1 (besar) pada lurus-lurus tuhh… wkwkwkwkwkkkk…
    salam pantang letak tuh jorannya… :-)

  12. mas punya pengalaman nggak mancing ikan gariang ( garing saya nggak tahu latinnya apa….), kalo ada tolong dibagi pengalamanya.. ok thanks

    kebetulan saya belum pernah pengalaman tersebut, hanya teman sebelah yang sempat dicantolin ikan tsb :-)
    ikan gariang (mng); ikan garing; ikan rengkik (jw) adanya di pinggir2 sungai yang mengalir tenang. Umpannya bisa dengan umbi rambat dipotong dadu atau dengan umpan alami yaitu udang sungai (bisa dicari dengan jaring atau serok atau tangguk (tangguak -mng).
    berat rata2 @200-400gr, kalaupun dapat seniornya bisa sampai @1-2 kg.
    banyak diburu oleh penjual ikan sungai & rasanya yang renyah & gurih. Salam kriuukk… :-)

  13. banjir2 gini apa masih ada lokasi ngail,kasih tau donk om,makasih

    • itulah romantisnya para fisher .. ada yang keukeuh turun dg sasaran ikan dasaran; ada yang ga tahan & mampir ke kolam dan yang paling ga bisa diganggu… ngelus-elus joran, minyaki reel, kalo mau nyempet2i (ini sih aneh).. nyuci kenur …wkwkwkwk… atau silaturahmi dg fisher lainnya … salam strike, mang ..

  14. wah, yang di kalimantan nyolek juga ya. di Kalbar, Kab. Sekadau, lagi panen udang galah …. lumayan montok. Rekan saya ada yang dapat 5,5 ons seekor. salam strike

    asyikkk… kalo Kalimantan sih surga bagi para pemancing sungai… jangan telat… STRIKE !!!!

  15. Mohon info dari rekan-rekan yang pernah memancing di Indramayu, dimana lokasi mancing yang banyak ikannya, kebtulan saya di Kaltim mau ke Indramayu, terimakasih kepada rekan yang mau memberi informasi.

    ayo rekans yg di Indramayu, silakan diajak gabung rekan kita ini. Tapi sekilas saya tanya ke mbah google, banyak kok lokasi mancing di Indramayu, baik di darat maupun di lautnya… have a nice STRIKEEE……

  16. salam kenal para pemancing pi pku kalau mancing ikan baung dimana lokasi yg assik d tunggu imfonya

    baung di pku memang mli byk berkurang, bro
    trus terang, krn sdh pindah dr pku, tp msh tersisa bbrp memory:
    sekitaran s.tapung (tp waspada kl kedatangan nenek sungai…), kl di mentulik sdh boleh dibilang habis, ada beberapa di langgam (kontak cari tukang perahu namanya iwan), di mandau-duri dekat gate chevron…..

  17. asikkk aku juga suka mancing….

  18. toman mang yahuud pake reel yg tangguh klo ga mau mbrodol, joran di ikat ke pohon takut lengah joran di bawa kabur ma toman he…he..

    wkakakak… bener… malah kalo joran hanya disandarkan di pad, bisa meluncur tuh seperti terpedo kapal selam… pernah ngalamin hal itu lho… amazing… toman emang weleh-weleh-weleh…

  19. Saluuut.. sama tulisan dan pengalamanya mancing didarat, yg ga hanya hura2 (mencari senang karena banyak hasil tangkapan)… tapi ada makna. hebat benar2 menyatu pada alam.
    Mancing Sungai memang Oke. Pekanbaru-Riau.

Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: