TanyaJawab Menopause

Bu Nana (50th) sudah satu bulan ini selalu uring-uringan. Badannya terasa panas dan segalanya serba salah. Sang suami adalah sasaran paling empuk untuk melampiaskan emosinya. Beruntung sang suami merasa maklum dengan keadaan istri tercintanya itu “Mungkin dia khawatir dengan menopause,”ujarnya. Saat berkonsultasi dengan dokter, BuNana bercerita semua keluh kesahnya. Tentang kegelisahannya, semua ketakutannya jika sudah menopause, keluhan sakit kepalanya serta sakit pinggang.

Apa iya menopause menjadi momok yang menakutkan bagi semua wanita ? Bukankah menopause menrupakan hal yang alamiah terjadi pada setiap wanita. Namun tak semua wanita mengetahui resiko dan cara sehat menghadapi datangnya menopause tersebut bukan lagi menjadi hal yang ditakuti.

 

 

Saat Dia Datang

Gejala utama menopause adalah berhentinya haid, yang biasa terjadi secara langsung atau mengalami haid dalam jumlah banyak lebih dulu, baru berhenti total

Gejala lainnya adalah merasa diri tua, takut, gelisah, mudah marah, sering sakit kepala, mudah nyeri kepala dan otot pinggang.

Hilangnya percaya diri, juga bisa jadi salah satu gejala lantaran dia merasa sudah tua, sementara anak-anaknya sudah dewasa. Akibatnya, sadar atau tidak, sebagian wanita yang mengalami menopause berubah jadi cerewet untuk menarik perhatian anggota keluarga lainnya. Gejala menopause seperti ini, biasanya tidak muncul pada orang desa, melainkan pada wanita perkotaan yang punya beban pikiran lebih banyak.

 

Estrogen Paling Berpengaruh

Setelah menopause terjadi, bukan berarti kondisi tubuh, terutama fisik, aman-aman saja. Berhentinya haid secara alami akan diikuti oleh beberapa kondisi, antara lain penyakit dan kondisi psikis yang labil. Pada saat menopause dating, hormone estrogen bersama tiga hormone reproduksi lainnya akan berhendi diproduksi oleh tubuh. Namun yang paling berpengaruh secara klinis terhadap tubuh adalah hilangnya hormone estrogen karena hormone ini bertugas merangsang pembentukan jaringan kolagen yang lentur. Estrogen juga penting untuk pembentukan tulang. Dengan estrogen, kolesterol yang baik (HDL) yang mencegah terjadinya pengendapan di pembuluh darah koroner akan meningkat. Sebaliknya, kolesterol jahat (LDL) menurun. Namun, pada saat atau bahkan sebelum menopause berlangsung, yang terjadi adalah sebaliknya, lantaran estrogen tidak diproduksi lagi. Bahkan, keadaan itu masih ditambah lagi dengan naiknya trigliserida, tekanan darah dan terjadinya gangguan metabolisme darah yang akhirnya menjadi gangguan aktifitas. Salah satu akibatnya, vagina mengkerut dan produksi lendirnya berkurang. Itu sebabnya vagina jadi kering dan muncul rasa perih saat berhubungan intim.

 

Penyakit Susulan Mengancam

Menurunnya estrogen saat menopause, bukan tak mungkin diikuti pula oleh beberapa penyakit. Antara lain, Alzheimer alias pikun yang parah dan pengendapan di pembuluh darah koroner yang merupakan tempat lewatnya makanan buat jantung. Kalau aliran darah di tempat ini terganggu, penyakit jantung koroner (PJK) bukan tak mungkin dating mengancam.

Data dari American Heart Assosiaciation menunjukkan, 1 dari 9 orang berusia 45-60 tahun, 1 di antara 3 wanita terkena PJK. Angka kematian wanita yang terkena PJK cukup tinggi, yaitu 50%. Sementara seorang wanita yang sudah menopause punya kemungkinan 30 kali lebih besar terkena PJK disbanding wanita pramenopause.

 

Pola Makan yang Tepat

Meski menopause adalah sesuatu yang alami, perubahan yang terjadi pada wanita gizi. Antara lain, berat badan bertambah karena aktifitas berkurang sehingga pengeluaran energi pun berkurang. Lemak pun meningkat, sehingga lingkar perut dan panggul bertambah lebar serta kolesterol naik. Lalu bagaimana pola makan yang sehat? Ada beberapa yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Kebutuhan kalori dan zat gizi harus cukup. Para pakar gizi mengingatkan bahwa kebutuhan dua hal tersebut berbeda tiap orang, tergantung berat, tinggi badan, usia dan aktifitasnya. Kalsium, misalnya, bisa diperoleh dari susu, keju, yogurt, ikan kering yang dimakan seluruhnya beserta tulangnya (antara lain ikan teri, ikan wader, ikan silais), sereal, kacang-kacangan dan hasil olahannya (misalnya tahu dan tempe). Dalam sejumlah makanan, ada zat isoplavon yang tugasnya mirip estrogen yang bisa didapat anatara lain dari kacang-kacangan.
  2. Tak hanya sekedar cukup, tapi jenisnya pun harus diperhatikan. Penuhi kebutuhan karbohidrat. Jadi, batasi mengkonsumsi lemak. Sebaliknya, hanya gunakan lemak dengan asam lemak tak jenuh.
  3. Tambahkan vitamin dalam menu sehari-hari. Vitamin yang diperlukan antara lain :

a.       Vitamin A,C dan E untuk antioksidan. Vitamin A dapat diperoleh dengan mengkonsumsi hati, kuning telur, susu dan mentega. Sedangkan dari tumbuhan, vitamin ini bisa diperoleh lewat sayuran warna hijau, jingga dan buah seperti tomat. Sedangkan vitamin E banyak didapat lewat kacang-kacangan, sayur dan buah.

b.      Vitamin D untuk penyerapan kalsium yang terdapat pada kuning telur, hati, mentega dan keju.

c.       Vitamin B kompleks yang berguna untuk memperlambat datangnya menopause terdapat pada kacang-kacangan dan sereal.

  1. Untuk memperlambat datangnya menopause hindari kafein, alcohol, minunam bersoda, rempah-rempah dan makanan berlemak.

 

Makanan Kesehatan

Makanan Kesehatan yang bermutu dan bermanfaat juga akan sangat membantu memenuhi zat-zat yang mungkin tidak dapat kita penuhi hanya dengan pola makan yang normal. CNI memiliki makanan kesehatan yang secara efektif bisa menolong Anda melewati fase penting ini. Berikut paparan produk-produk unggulan CNI yang dapat membantu Anda menghadapi masa pra dan pasca menopause.

 

Libilon

Libilon adalah makanan kesehatan non hormonal tanppa efek samping yang akan membantu meningkatkan libido/gairah seksual (dan keperkasaan untuk pria). Selain itu Libilon juga membantu mengatasi masalah disfungsi seksual pada pria (ejakulasi dini, impotensi ereksionis, dan lain-lain). Libilon juga dapat membantu untuk meningkatkan jumlah dan mutu sperma dan dapat membantu memperbaiki aktifitas hormone pada wanita menjelang atau sudah menopause.

 

CNI Ester-C Plus

Adalah vitamin C dengan ikatan-ikatan metabolic dan kalsium. Ester-C Plus adalah vitamin C generasi ketiga dengan pH netral, sehingga aman untuk lambung, lebih cepat diserap oleh tubuh dan lebih lama disimpan dalam tubuh. Baik sekali untuk wanita dalam menghadapi pra dan pasca menopause dan meningkatkan system imun atau kekebalan tubuh dan antioksidan. Dosis bagi wanita yang sedang menghadapi pra dan pasca menopause : 2×1 per hari.

 

CNI-Sun Chlorella

Terbuat dari ganggang hijau air tawar yang memiliki kandungan nutria yang paling lengkap, yaitu protein, lemak, karbohidrat, serat, klorofil, betakaroten, vitamin dan mineralnya, juga mengandung asam amino esensial yang lengkap. CNI-Sun Chlorella sangat bermanfaat untuk wanita pada masa pra dan pasca menopause bermanfaat untuk mempercepat perbaikan jaringan tubuh, meningkatkan pembuangan racun, membantu regenerasi sel-sel yang rusak, mingkatkan daya tahan tubuh, dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak. Konsumsilah CNI-Sun Chlorella 2×5 tablet per hari agar tubuh siap menghadapi pra dan pasca menopause.

 

CNI-Lyophilized Royal Jelly

CNI-Lyophilized Royal Jelly adalah produk makanan kesehatan bergizi tinggi yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Tanpa ada penambahan bahan perasa buatan, zat pewarna, gula, pati, zat perekat, ragi ataupun bahan pengawet lainnya, membuat CNI-Lyophilized Royal Jelly aman untuk dikonsumsi.

Keunggulannya CNI-Lyophilized Royal Jelly merupakan hasil proses teknologi canggih yang disebut dengan “freeze drying” yaitu proses pengeringan dengan temperature beku sehingga cairan diubah menjadi bentuk serbuk yang murni dan tetap alami. Memiliki kualitas 3 kali lebih tinggi daripada royal jelly biasa dan sangat mudah diserap tubuh. CNI-Lyophilized Royal Jelly bermanfaat untuk wanita yang menghadapi menopause untuk mengatasi keletihan, mengurangi kegelisahan dan stress, serta memperlambat proses penuaan. Konsumsilah satu tablet per hari dan Anda akan rasakan manfaatnya.

 

Nah, sekarang jangan takut lagi menyambut menopause. Bagaimanapun menopause adalah fase kehidupan yang pasti akan dilalui oleh setiap wanita. Berpikir positif, bertindak aktif, bergaya hidup sehat dan selalu mengkonsumsi makanan kesehatan CNI, pasti hari-hari yang anda lalui pra dan pasca menopause akan lancer dan lebih bersemangat.

 

( CNI News/JUL/2005 )

 

 

 

4 Responses

  1. kenapa istri saya kalo beruhubungan intim selalu gak mau katanya sakit, meskipun mau melakukan sekali saja sduah gak mampu lagi utk mengulang, itu saja hanya seminggu sekali dia mau melakukan.padahal saya masih mau lagi.gimana solusinya apa saya hrs cari diluar drpda kepala pusing.

    Maaf P.Didik, saya merasa tidak berkompeten thd hal tsb krn banyak faktor sepertinya.
    Bila boleh sharing, mungkin perlu dibuat suasana yang nyaman bagi kedua belah pihak. Jaga kebugaran tubuh, semisal olahraga bersama-sama, amkan-makanan sehat, pola hidup sehat, mungkin akan bisa juga menambah suasana nyaman tersebut.
    Semoga tidak pusing lagi… Salam@dony

  2. bagai mana dengan ibu ibu yang mengalami asam urat pada saat menopause?
    apa kah ada multivitamin lain sebagai pengganti ekstrogen?

    kalau dari CNI ada produk Marine Organic Calcium (MOC) utk metabolisme yg baik juga bagi penderita asam urat, juga Progene atau Narish utk anti-aging dari dalam, menjaga imunitas dan juga Libilon yang bisa juga utk wanita pra/menopouse dimana kandungan PROTODIOSCIN diketahui dapat meningkatkan fungsi seksual melalui konversi menjadi DHEA, dan dapat meningkatkan integritas membran sel, memperbaiki self esteem dan kesehatan secara umum. Berminat, kirim email ke saya : DonyIrawan@gmail.com

  3. Pak Dony. ada yang ingin saya tanyakan.
    ibu saya berusia 46 tahun. Beliau mengeluh, dulunya lama sekali tidak datang bulan sampai beberapa tahun, kemudian akhir2 ini datang bulan tidak henti-hentinya sampai 17 hari. dan banyak sekali disertai gumpalan darah hitam. apa itu gejala akan mengalami menopause?
    apakah hal itu normal jika ada gumpalan darah hitam tersebut? dan sebaiknya bagaimana yang mestinya dilakukan?
    trimakasih sebelumnya.

  4. saya umur52thn 4thn ini menstruasi tidak teratur dan sekarang udah 3bln tidak mens apa ini gejala monopose? tapi mengapa air liur kok lebih banyak ya, apa ini juga salah satu gejala monopose?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: