Pertanian Seimbang

Dalam pertanian yang seimbang, kita kenal SegitigaPertanian, yaitu : Kimia-Organik-Microba.

  • Unsur hara macro atau micro baik itu yg primer maupun sekunder merupakan unsur Kimia yg penting (N, P, K, Mg, Cl, Fe, Bo, dll). Jadi jangan terkecoh dg slogan anti-kimia. Masih banyak kimia ramah lingkungan, artinya kimia yang bisa diuraikan dengan sangat sederhana oleh alam itu sendiri dan sangat diperlukan oleh tanaman.
  • Organik adalah bahan yang diperlukan sebagai bahan pakan bagi unsur ketiga yaitu Microba yang nantinya menghasilkan unsur UREA Alami. Sayangnya, banyak unsur organik yg beranjak keluar dari area pertanian, seperti karena dibakar, atau pindah ke kandang (tapi ga pa-pa sih, toh kembali lagi ke sawah sebagai organik + hasil ternak).

Akibat kebablasan aplikasi pupuk karena banyak hal, maka efek sampingnya berupa perubahan lingkungan yang tidak sesuai lagi bagi microba pengurai di lahan pertanian. Dulu waktu masih kecil, saya masih bisa mancing ikan di sawah, dapat belut di sawah karena ikan atau belut dapat makanan dari microba yang berlimpah. Sekarang … mancing ikan harus di kolam karena di sungai pun sudah susah. Belut sudah pindah ke selokan got rumah. Tidak fresh segar alami lagi (belut rasa deterjen hee… he…) 

Effisiensi pupuk wajib. Kita tata lagi, walau berat. Kelangkaan pupuk seharusnya tidak lagi terjadi seandainya kita bersedia menerima teknologi pertanian. Kita bisa menggunakan NutrisiPertanian BosterEnergy (KlinikKonsultasi Pertanian) dan dapat menghemat pupuk dasar hampir separuh biasanya !! Penggunaan Nutrisi BosterEnergy ini tidak merusak tanah karena disemprotkan langsung ke daun sebagai “dapur”. Malah dapat digunakan sebagai PHT penolak hama, kita bisa hemat pestisida. Sangat cocok untuk lahan pertanian yang pengairannya terbatas (bukan kering kerontang lho ya).

Untuk 1 ha sawah padi hanya memerlukan 1-2 kg Boster Energy saja yang harganya hanya sekitar penghematan 1 karung urea (50kg urea). Sementara pupuk dasar untuk 1ha sawah padi diperlukan maksimal (boleh lebih hemat lagi) 200kg Urea +100SP36 +50kgKCl, tanpa pestisida (kecuali serangan hama massal). Penghematan pupuk dasar ini bisa kita tukarkan dengan pemberian pupuk kandang/kompos untuk menambahkan unsur organik dan microba kembali.

Hormati alam, sayangi sawah ladang kita sampai anak-cucu berikutnya. Bagaimana? Mari kita sharing / berbagi pengetahuan dan membangun bersama

5 Responses

  1. PHT itu apa ?
    thank infonya
    smg sukses

  2. PHT iku opo Don?
    Bahasa terangnya, berapa harganya Boster Energy ?
    Deskripsi produknya ? cocok untuk tanaman apa aja?

    thanks lho informasinya.

  3. PHT adalah Pemberantasan Hama Terpadu.
    Boster Energy mengadop PHT Repealent (menolak), artinya dengan menjadikan lingkungan tanaman ini sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan tanaman dan tidak sesuai dengan lingkungan yang akan didatangi oleh hama tersebut. Dengan sendirinya, hama tidak berada / menuju ke tanaman tersebut (menolak). Hama tersebut tidak dibunuh tapi dikembalikan ke alam, biar alam yang yang mengurusnya. Disayangi tanaman, dibenci hama. Begitulah singkatnya.

    Produk ini memiliki 16 unsur hara makro & mikro lengkap baik primer maupun sekunder yang utama diperlukan oleh tanaman dalam kadar yang sesuai untuk semua jenis tanaman, baik tanaman pangan (padi, jagung, palawija, sayuran), perkebunan (sawit, karet, kopi, kakao, tembakau, buah-buahan, dll), industri (akasia, tanaman keras dll), maupun tanaman rumah (bunga, dll).
    Yang membedakannya adalah perilaku pemberiannya / dosisnya.
    Boster Energy ini berperan sebagai :
    *Supply Energy Instan, dengan menggunakan sumber makanan utama
    *Katalisator metabolisme primer, membantu pengolahan makanan yang dibutuhkan
    *Pre-cursor metabolisme sekunder, membantu meningkatkan hasil produksi
    Hasilnya bisa mendukung pertumbuhan lebih optimal, produktifitas meningkat dan perbaikan kualitas.

    Misal : Estimasi kebutuhan untuk Sawit : 10-12 kg / Ha dengan @ 80gr / pohon + NPK max @ 750gr /pohon, diberikan setiap 4 bulan 1x

    Distributor untuk wilayah Sumatra bagian tengah (Sumbar, Riau, Batam, Jambi), dan Sumatra Utara, hubungi kami di 08123409299

    Promo : Setiap pembelian minimal 1 dus (12 Kg) mendapat bonus 1 buah handyspayer 5 ltr Gratis. Promo terbatas selama pembelian di bulan September 2008.

    Salam,
    DonyIrawan

  4. mohon bantuan agar bisa mendapatkan pupuk u/pertumbuhan hasil sawit yg lebih optimal.

    trims.

  5. supaya sawah dapat menghasilkan urea alami sebaiknya tidak tergenang air, mikrobanya bisa pake azotobacter, nitrobacter, azospirilum (klo beli microba EM4 perlu dibaca spesifikasinya)

Comments are closed.

%d bloggers like this: