Pemerintah Indonesia Tarik Susu Impor China, Diduga Mengandung Melamin

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Husniah Rubiana Thamrin Akib mengatakan lembaganya memerintahkan penarikan produk susu dari Cina yang beredar di pasar.

“Semua produk makanan yang mengandung susu dari Cina saya minta ditarik dari peredaran dan diamankan. Kita tidak mau ambil resiko,” kata Husniah sebelum melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI di Jakarta.

Langkah tersebut, menurut Kepala BPOM, dilakukan untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan mengkonsumsi produk susu asal Cina, karena beberapa waktu lalu ditemukan susu formula terkontaminasi bahan kimia industri, melamine, di Cina (China’s Milk scandal). Produk itu mengakibatkan ribuan bayi jatuh sakit dan empat di antaranya meninggal dunia.

Dalam surat dari Kepala BPOM kepada asosiasi peritel Indonesia bernomor PO.04.01.1.4970 tertanggal 23 September 2008 yang tembusannya dikirim ke Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan disebutkan bahwa ada 28 jenis produk makanan mengandung susu dengan 12 merek yang berasal dari Cina yang harus diamankan. Meski belum melarang impor produk susu dari negara tersebut, pemerintah Indonesia telah menarik satu merek susu formula buatan Cina.

Juru bicara Departemen Kesehatan, Lilik Sulistyawati mengatakan pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan susu tersebut tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya. Lilik menegaskan sejauh ini baru satu merek susu produksi Cina yang memiliki izin penjualan di Indonesia. Produk itu adalah susu untuk orang dewasa dengan merek Guozhen yang diproduksi oleh Yantai New Era Health Industry Co. Ltd. Dengan demikian, jika ada produk susu Cina lain beredar bisa dipastikan masuk ke Indonesia secara ilegal.

Departemen Perdagangan yang menerima daftar 12 susu tercemar dari pemerintah Cina, sudah menyerahkan daftar itu kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM, untuk diteliti.

Setiap tahun, Indonesia membutuhkan sedikitnya 400 ribu ton susu formula dan sekitar 300 ribu ton diimpor. Sebagian besar impor susu formula Indonesia berasal dari Selandia Baru dan Australia. Sedangkan sebagian kecil lain dari Argentina, Kanada dan UniEropa.

 

APAKAH MELAMIN ITU

Melamin adalah bahan kimia berbasis organik yang banyak ditemukan dalam bentuk kristal putih dalam nitrogen. Biasanya digunakan sebagai bahan campuran plastik dan pupuk. Melamin tak punya nilai nutrisi, tapi kaya nitrogen, sehingga bila dicampur dengan susu akan membuat kadar protein susu seolah lebih tinggi ketimbang aslinya.

Produk yang ditarik dari peredaran:

  1. Jinwel Yougoo Susu Fermentasi Rasa Jeruk
  2. Jinwel Yougoo Aneka Buah
  3. Jinwel Yougoo tanpa Rasa
  4. Guozhen susu bubuk full cream
  5. Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Cokelat
  6. Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Vanila
  7. Oreo Stick Wafer
  8. Oreo Stick Wafer (disebut dua kali, karena ukuran berbeda)
  9. Oreo Cokelat Sandwich Cookies
  10. M&M’s Kembang Gula Cokelat Susu
  11. M&M’s Cokelat Susu
  12. Snicker’s (biskuit-nougat lapis cokelat)
  13. Dove Choc Kembang Gula Cokelat
  14. Dove Choc
  15. Dove Choc (disebut dua kali, karena ukuran berbeda)
  16. Natural Choice Yoghurt Flavoured Ice Bar
  17. Yili Bean Club Matcha Red Bean Ice Bar
  18. Yili Bean Club Red Bean Ice Bar
  19. Yili Prestige Chocliz
  20. Yili Chestnut Ice Bar
  21. Nestle Dairy Farm UHT Pure Milk
  22. Yili High Calcium Low Fat Milk Beverage
  23. Yili High Calcium Milk Beverage
  24. Yili Pure Milk 205 ml
  25. Yili Pure Milk 1 L
  26. Dutch Lady Strawberry Flavoured Milk
  27. White Rabbit Creamy Candy
  28. Yili Choice Dairy Frozen Yoghurt Bar (kembang gula)
( SUMBER: PUSAT KOMUNIKASI PUBLIK SEKRETARIAT JENDERAL DEPARTEMEN KESEHATAN RI )

Reference:

http://www.bbc.co.uk/

http://www.korantempo.com/

One Response

  1. artikel yg menarik bro, pengen buat artikel serupa neh,
    kalo jadi saya ijin kopi paste ya
    thx sbelumnya

Comments are closed.

%d bloggers like this: