WASPADA DEMAM BERDARAH

aedes-aegyptiMusim penghujan datang , penderita demam berdarah terus bertambah. Bahkan kadang rumah sakit harus menyediakan tambahan tempat tidur untuk pasien demam berdarah. Penyakit ini tidak kenal usia, dapat menyerang orang dewasa , anak-anak, dan balita.

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Demam Berdarah (Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus) dan dapat menyebabkan KEMATIAN.  

Apa tanda/gejalanya?

þ Mendadak panas tinggi selama 2 sampai 7 hari.

þ Tampak lemah dan lesu.

þ Timbul bintik-bintik merah pada kulit.

þ Sering terasa nyeri di ulu hati.

þ Kadang-kadang terjadi perdarahan di hidung (mimisan) dan di bawah kulit.

þ Laboratorium yang mendukung: trombositopenia ( trombosit kurang dari 100.000/ mm3) , hemokonsentrasi ( kadar Ht lebih 20% dari normal)

þ Bila sudah parah, penderita gelisah, tangan dan kaki dingin serta berkeringat.  Bila tidak segera ditolong dapat menimbulkan kematian.

Pesan untuk orang tua

Å      Jika anak anda mengalami demam tinggi lebih dari 2 hari segera periksakan ke dokter, dengan tetap memberikan cairan yang cukup dan obat penurun panas.

Å      Jika anak anda dinyatakan tersangka demam berdarah yang dipulangkan maka ;

1.      Kontrol setiap hari ke rumah sakit selam masih demam.

2.      Berikan obat penurun panas bila diperlukan.

3.      Berikan minum sedikitnya 4-6 gelas perhari, disamping air putih dapat diberikan teh manis, sirup, jus buah, oralit, dll.

4.     Apabila sewaktu-waktu dijumpai tanda kegawatan ,yaitu ; anak tampak lemas, badan dingin terutama tangan dan kaki, muntah terus menerus, kejang, mimisan, perdarahan lain. Segera anak dibawa kembali ke rumah sakit.

Pencegahan , yang dikenal dengan Gerakan 3 M , yaitu;

  1. Menguras tempat penampungan air secara teratur sekurang-kurangnya seminggu sekali atau menaburkan bubuk abate kedalamnya.
  2. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air
  3. Mengubur/menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan; seperti kaleng bekas , plastik, dll

Hal kecil yang Penting

Ø Aspirin tidak boleh dipakai karena Aspirin mengencerkan darah sehingga perdarahan akan menjadi lebih hebat jika timbul.

Ø Bila dirasakan perlu, boleh pakai parasetamol sebagai antipiretikum, dosis biasa, 3 kali sehari.

Ø Jangan pakai antibiotika.

Ø Harus minum dan makan cukup.

Pola Hidup Sehat seharusnya dimulai dari saat ini.

 

[from multi sources ]

 

One Response

  1. Memang Luar Biasa..
    pengalaman kemarin sewaktu Tahun Baruan di rumah mamah di Buntok-BaritoSelatan KalTeng. Seperti biasa kami selalu membawa HealthPack CNI (SunChlorella+MOC+EsterCplus dlm 1 kemasan praktis). Setibanya disana, ternyata mamah (usia 70th) sedang sakit, sewaktu cek awal Hb hanya 7,4 (kata kakak yg perawat, ini harus ditransfusi darah). Kami secara rutin dlm 2 hari selalu memberi Healthpack krn baru 2 hari kemudian kami bawa ke RS yg lebih lengkap di Banjarbaru-Kalsel. Hasil cek di Banjarbaru Hb telah mencapai 9,7. Puji Tuhan .. Luar Biasa. Padahal kami baru saja menempuh perjalanan darat sekitar 8 jam. Berikutnya sekarang mamah dalam keadaan sehat. Bukan promosi, tapi bukti Maha Baik Tuhan ditunjukkan melalui produk CNI yang luar biasa untuk kita semua. Anda pun bisa .. !! salam Luar Biasa Baik… @DonyIrawan

Comments are closed.

%d bloggers like this: