Bandeng : Ikan Susu yang Nikmat

bandengMakan ikan bandeng presto dengan sambal lalapan.. wuih enak sekali.     

Ikan bandeng (chanos chanos) umumnya telah banyak dikenal sebagai menu masakan, yaitu bandeng presto, dimana ikan bandeng ini diolah setelah dimasak menggunakan panci bertekanan tinggi (pressure cooker) untuk melunakkan tulangnya yang sekaligus bisa dimakan karena pada dasarnya ikan bandeng merupakan ikan dengan tulang sangat keras dan berdaging putih susu sehingga dikenal juga sebagai milkfish. Bandeng presto yang terkenal berasal dari pantai utara Jawa Tengah, yaitu Semarang, tepatnya di kota Juwana.

Selain dimasak dengan dipresto, ikan bandeng juga ada yang dimasak dengan dibuat pindang, dengan diasapkan atau diolah dengan resep dan rempah-rempah. Masakan pindang bandeng yang terkenal berasal dari Sidoarjo Jawa Timur.

Cara menghilangkan bau lumpur pada bandeng adalah dengan merendam pada 2 sendok makan larutan cuka sekitar setengah jam ”

Nilai gizi ikan bandeng itu sendiri cukup tinggi dimana per 100gr daging bandeng mengandung 129kkal energi, 20gr protein, 4.8gr lemak, 150mg fosfor, 20mg kalsium, 2mg zat besi, 150 SI vitamin A, 0.05mg vitamin B. Sehingga bisa disebutkan bahwa kandungan gizi tinggi yang baik ini dikarenakan tingginya kandungan protein dan rendahnya kandungan lemak.

menjelang imlek, ikan bandeng ini banyak diburu oleh masyarakat tionghoa sebagai bagian dari perayaan. Saat bersamaan, bagi masyarakat betawi, ikan bandeng saat imlek diberikan kepada orangtua atau keluarga mereka. “

%d bloggers like this: