Fenomena Rob Air Laut

banjir-robSebagaimana kita banyak tahu berita tentang musibah air rob, yaitu masuknya air pasang jauh ke daratan. Baru-baru ini banyak terjadi di Jakarta Utara, Indramanyu, Tegal, dan yang sering adalah Semarang dimana stasiun kereta api Tawang klelep (tergenang) air rob ini dan yang terakhir kabar yang saya dengar adalah bandara Ahmad Yani menyebabkan banyak penerbangan tidak bisa dilayani untuk sementara. Kejadian ini terasa semakin sering dan malah ketinggian air bertambah. 

Namun sayang, perhatian kita hanya tertuju dan berhenti pada masalah yang ditimbulkan. Biarlah para ahli yang menjelaskan apa dan bagaimana rob itu. Mengapa ? Kita punya pakar oceanografi, para peneliti, dan juga Pak Tentara TNI Angkatan Laut pastilah sudah familiar dengan hal ini. Untuk itu, biarlah ini menjadi domain mereka.

Apa tindakan penanggulangannya, sebaiknya itu yang lebih diutamakan dan yang seharusnya sering didengungkan. bakauMisal, apakah tanaman bakau bisa menjadi benteng hayati bagi tanggul penahan rob ? Selain untuk pengaman kekhawatiran tsunami.  Bagaimana peran masyarakat pesisir tergugah dan tidak menjadikan fenomena rob ini menjadi hal yang biasa, maksudnya biasa menyebabkan kerugian bagi warga yang lebih luas. Kalau dikaitkan dengan gerakan penghijauan, maka tidak hanya di gunung-gunung dan hutan-hutan yang gundul, tapi juga sepanjang aliran tepian sungai sampai di hilir, yaitu sepanjang pesisir yang mempunyai permasalahan yang tidak kurang sama. Apresiasi tinggi kepada banyak pihak yang telah tergugah dan berkomitmen terhadap kerawanan ekologi ini.

Semoga hal ini mendapat perhatian lebih demi masa depan, demi waktu yang kelak akan kita jalani bersama anak-cucu bangsa. Semoga petunjuk alam ini menuntun kita melakukan dan menyambutnya dengan lebih baik.

%d bloggers like this: