Speedy Multy Speed baru dari TELKOM

Banyak pertanyaan diajukan terkait rencana pemerintah untuk menurunkan tariff internet. TELKOM ternyata telah menyiapkan program penurunan tariff internet tersebut dan program ini disesuaikan dengan keinginan dan kondisi dari masyarakat untuk memilih sesuai kebutuhannya. Program ini disebut dengan Speedy Multi Speed (SMS), yang hanya dengan 200ribu rupiah bisa sepuasnya bermain internet.

Secara umum, terdapat 3(tiga) katagori, yaitu Limited, Semi Unlimited, dan Unlimited. Tarif seperti tabel dibawah ini :

speedy-multy-speed-tabel

Keterangan Paket sebagai berikut:

  1. Paket Mail -limited-1 15 jam adalah paket dengan kuota waktu 15 jam dengan kecepatan 1 Mbps (downstream) dan 256 kbps   (upstream).
  2. Paket Chat -limited-2 50 jam adalah paket dengan kuota waktu 50 jam dengan kecepatan 1 Mbps (downstream) dan 256 kbps (upstream).
  3. Paket Family -semi unlimited 1 adalah paket unlimited dengan line speed 384 kbps (downstream) dan 96 kbps (upstream) tetapi memiliki kuota volume, di mana jika kuota tersebut tercapai 3 GB akan dilakukan rate limit kecepatan menjadi 128 kbps.
  4. Paket Load -semi unlimited 2 adalah paket unlimited dengan line speed 512 kbps (downstream) dan 128 kbps (upstream) tetapi  memiliki kuota volume, di mana jika kuota tersebut tercapai 3 GB akan dilakukan rate limit kecepatan menjadi 128 kbps.
  5. Paket Game -unlimited 1 adalah paket unlimited dengan line speed 1 Mbps (downstream) dan 256 kbps (upstream).
  6. Paket Executive -unlimited 2 adalah paket unlimited dengan line speed 2 Mbps (downstream) dan 512 kbps (upstream).
  7. Paket Biz -unlimited 3 adalah paket unlimited dengan line speed 3 Mbps (downstream) dan 512 kbps (upstream)

* Tidak semua paket tersedia diseluruh lokasi layanan Speedy, tergantung ketersediaan teknis

Struktur tarif SPEEDY adalah sebagai berikut :

• Biaya registrasi

• Biaya bulanan

• Excess usage charge (khusus untuk paket Limited)

Bila demikian maka akan dilakukan migrasi dari paket yang ada saat ini (limited personal, limited timebase, limited professional, dan unlimited office serta unlimited warnet). Kira-kira kesetaraan migrasi paket tersebut menjadi seperti berikut :

speedy-multy-speed-migrasi-paket

Nah, ternyata bila diamat-amati memang terlihat ada penurunan dari sisi pricing serta ada peningkatan kualitas aksesnya. Misal, untuk paket Warnet yang ada saat ini dilayani dengan kecepatan akses downstream 1Mbps, upstream 128Kbps, dengan biaya bulanan 1,75juta rupiah. Yang setara bila migrasi adalah misalnya dengan paket Biz dengan kecepatan downstream 3Mbps dan upstream 512Kbps. Terlihat perbandingan Speedy Multy Speed adalah 3 kali dari yang ada sekarang. Dari sisi pricing untuk paket ini biasanya pelanggan tidak mempermasalahkan karena yang diinginkan adalah kualitas, tapi itupun sudah jelas lebih hemat 55ribu rupiah, kan.

Sementara dari sisi kualitas layanan atau yang lebih sering disebut QoS Speedy Multy Speed terdapat peningkatan yang cukup signifikan, sebagai berikut :

speedy-multy-speed-qos1

Bila dibandingkan dengan paket warnet yang ada saat ini dengan QoS=36, dengan paket yang setara yaitu paket Biz, maka QoS=128 menjadi terasa banget bedanya.

Jadi dari produk Speedy Multy Speed dari TELKOM, paket pilihan mana yang Anda pilih ?

2 Responses

  1. Aduh…kapan y mluncur nya di Divre I….

  2. berkunjung doang…

Comments are closed.

%d bloggers like this: