TIPS Mengatasi Kepenatan Pesawat Terbang

Beberapa dari kita sehabis penerbangan atau sedang transit atau setelah mengalami perjalanan yang melewati zona waktu, tentulah merasakan kepenatan yang sangat terasa bahkan boleh dibilang sindroma jet lag. Bila hal itu terjadi, tentulah bukan saja tidak nyaman, juga akan sangat melelahkan. Secara langsung yang dapat menghilangkan jet lag itu tidak ada dan hanya bila dilakukan istirahat total dalam waktu yang cukup lebih lama dari sekedar istirahat.

Beberapa tips yang dapat dilakukan, diantaranya :

  • Cobalah untuk tidur seawal mungkin sebeberapa hari sebelum anda berangkat dan tidurlah sebanyak mungkin dalam perjalanan anda.
  • Banyak efek samping dari jet lag adalah akibat dehidrasi, jadi hindari alkohol, kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya, serta minum banyak air putih selama penerbangan.
  • Makan ringanlah selama penerbangan anda dan hindari makanan eksotis dan berat di hari pertama perjalanan anda sehingga anda dapat menggunakan energi  anda untuk menyesuaikan dengan lingkungan baru daripada untuk mencerna makanan anda.
  • Melakukan gerak badan dalam penerbangan panjang akan membantu meringankan berbagai ketidaknyamanan, seperti sakit punggung, kaki bengkak, dan kelelahan umum lainnya. Berlatih secara berkala dan berjalan ke depan dan ke belakang sepanjang lorong pesawat dari waktu ke waktu akan menghindarkan bahaya terjadinya pembekuan darah.
  • Akhirnya, bersantailah di hari kedatangan anda di tempat tujuan sehingga anda dapat mengambil keuntungan dari perjalanan anda dengan tidak tergesa-gesa dan buatlah rutinitas yang sinkron dengan waktu lokal.

Untuk semua aktifitas tersebut memang dirasa lebih baik bila melakukan pergerakan dari tempat satu ke tempat di ruangan lainnya. namun hal ini kadang malah menajdi perhatian orang. Kalo kita ga ambil pusing, ya egp aja. Namun saja, tidak semua orang bisa dengan hal ini.

Nah, adakah cara yang relatif dapat menggunakan gerakan ditempat, seperti gerakan senam sambil duduk dan ini bisa juga dilakukan di dalam pesawat, kan. (ntar kalo ikut2an mondar-mandir ada yang nanyain parfum berapa malah binung🙂 jk ). Bila banyak yang menyampaikan untuk menghindari penumpukan / “darah berkumpul” di betis / paha / kaki, maka beberapa gerakan yang disarankan adalah:

  • meluruskan kaki dan lebih rileks
  • menggerak-gerakan jari-jari kaki ke atas-bawah, misal 10 hitungan
  • menggerak-gerakan tumut/telapak kaki ke atas-bawah berulang, misal 10 hitungan, bisa diganti gerakan bergantian kaki kiri dan kanan

berikutnya, adalah mencoba melatih kelenturan otot dengan sedikit streching, yaitu:
– menahan menekuk jari kaki selama 10 hitungan, dan lepaskan. Ulangi kembali setelah sesaat.
– menahan menekuk telapak kaki ke atas (menjungkitkan), tahan dalam 10 hitungan, dan lepaskan. Ulangi kembali setelah sesaat.

Gerakan yang sama bisa dilakukan juga untuk menggerak-gerakan kecil jemari, lengan, pundak, atau punggung. Untuk gerakan memutar leher, sebaiknya dilakukan dengan sangat pelan dan sangat rileks. Ingat, kondisi tubuh anda masih sangat tegang dan capek. Dengan gerakan pelan dan rileks ini akan membuat peredaran darah anda lebih lancar dan memberi sensasi tersendiri.

Dan ini akan menjamin anda melek dan segar bugar untuk sesaat.
Have a nice flight..

* disadur & diedit dari sumber

One Response

  1. mampir pagi….

Comments are closed.

%d bloggers like this: