Siaran TV Digital (Mobile Streaming) via Ponsel -1-

Akhir-akhir ini, Depkominfo telah merilis dimulainya proyek televisi digital yang mana siarannya masih menggunakan satelit atau masih bersifat point to point. Sementara penyebaran terbatas bisa menggunakan perangkat set top box untuk menyalurkan channel yang diinginkan masing-masing client.

Di lain sisi, juga telah dikembangkan layanan televisi digital dengan menggunakan media kabel telepon, yang dalam hal ini telah dikenalkan oleh TELKOM sebagai Layanan Triple Play, yaitu layanan telefoni yang juga digunakan untuk akses internet/data serta video on demand yang akan ditumpangi siaran televisi dalam satu media kabel tembaga telepon. Sebagaimana statement CEO TELKOM Rinaldi Firmansyah, siaran IP-TV TELKOM sudah bisa dinikmati Oktober-November 2009 mendatang. 

TriplePlayIP-TV ini akan tersedia dalam format MPEG2 dengan rata-rata kecepatan akses yang diperlukan 220 kbps. Hal ini bukan lagi merupakan impian, mengingat riset dan percobaannya telah dimulai sejak sepuluh tahun lalu.

Namun baru saja siaran televisi digital di Indonesia akan digelar perdana seperti informasi diatas, telah mulai dipasarkan teknologi yang mengadop life style konsumen yang dinamis, yaitu adanya teknologi mobile streaming yang mampu menyalurkan layanan televisi digital melalui pesawat ponsel.

Hal ini sejalan dengan arah penggunaan teknologi nirkabel yang disiapkan menuju era 4G, namun masih diperebutkan oleh pasar, mana layanan yang sesuai. Teknologi tersebut saat ini setelah era 3G dan saat ini akan beralih ke era 4G, yaitu LTE (Long Term Evolutions) yang disponsori oleh 3GPP (grup GSM, terutama Ericsson), sedangkan UMB diusulkan oleh 3GPP2 (grup CDMA 2000, terutama Qualcomm), dan WiMAX II oleh WiMAX Forum (terutama Intel). Lihatlah komparasi skema berikut :wimax-vs-lte-mini

Layanan mobile streaming ini membutuhkan kecepatan akses 220kbps. Perhatikan produk yang sudah menyediakan kemampuan tersebut. Dari skema layanan teknologi 4G yang diusung tersebut, sudah bisa mengakomodasi kebutuhan layanan televisi digital melalui mobile streaming.MobileStreamPonsel

Ini baru sekilas infonya. Pembahasannya tunggu pemaparan berikutnya.

%d bloggers like this: