Tanam Biji Pohon Buah-buahan

Kebetulan siang tadi, sehabis rehat, saya mampir ke ruang TI & kebetulan ada sekantong buah rambutan hasil “panen” rekan TI yang baik-baik. Teringat acara “Tanpa Tanda Jasa” di MeroTV minggu lalu, saya kumpulkan biji rambutan yg saya makan. Banyak yang bertanya, buat apa ?

Bila ada yg sdh menonton acara di MetroTV tsb, ya begitulah. Biji2 buah2an dikumpulkan, bisa yg dari rumah, atau dari pasar, kemudian disebar saja, bisa dengan dilempar, diluncurkan dengan alat bantu ketapel misalnya, sehingga bisa mencapai tempat yang jauh. ke lahan tak bertuan, di hutan, di semak, di tempat yg tidak mengganggu kepentingan orang lain. Harapannya, semoga biji2 buah2an tsb dapat bertumbuh. Dan sekarang adalah saatnya karena ada alam yang akan memeliharanya dengan disiram melalui hujan hingga cukup kuat untuk tumbuh.

Kita pun bisa mencobanya. Kumpulkan biji buah2an apa saja, seperti rambutan, durian, nangka, mangga, kelengkeng, dll. Tidak perlu memikirkan buahnya kurang berkualitas, enak atau tidak, bahkan susah berbuah sekalipun. Karena disini, tujuannya adalah memperbanyak pohon-pohon buah yang akan cukup menjadikan udara sejuk, tempat untuk teduh, tempat burung2 bisa hinggap.

Saya mengajak anda untuk kita menyapa akrab dengan alam dengan usaha yang sederhana tersebut. Saya mau, dan anda pun bisa. Ayoo, sekarang ..

Buat Kompos Organik, yuk.. Mudah kok

komposDari oleh-oleh melihat Indonesia City Expo 2009 di Bandar Serai Pekanbaru, ada info menarik  membuat pupuk organik sendiri.  Setelah sebelumnya saya buat ulasan tentang mengelola sampah untuk dijadikan sahabat, kali ini masih ada kaitannya dengan benang merah adalah menggunakan bahan organik atau bahan yang berasal dari tumbuhan. Apalagi adanya lifestyle untuk memelihara tanaman hias yang berkualitas, tentunya membutuhkan media yang juga sehat dan bermanfaat. Dan ternyata, kita bisa membuatnya. Continue reading

Polling Blog vs Facebook

Siapakah yang Terhebat Terfavorit dalam Polling Blog vs Facebook ?

tentara-gaulDari pengalaman Anda yang telah merasakan (entah menikmati atau hanya sekedar tahu) bagaimana Blog dan bagaimana Facebook, silakan berikan pendapat Anda disini. Dan disini, GOLPUT tidak ada kepuasannya    🙂

Mana yang bermanfaat, mana yang buang-buang waktu, mana yang lebih bikin Anda puas  (disclaimer : polling ini bukan sebagai alat pemuas  🙂

Semanggi Suroboyo

Entah mengapa, beberapa hari ini aku mencium aroma Suroboyo. Teringat ada buletin Tjroeng yang diberikan sobatku, Adi Wiratmo,  sebulan lalu ke Bandung. Luarbiasa bener dia dengan musik keroncong, sampe Tika -juniornya dia- sudah ketularan Bapaknya.

semanggi-pecel-pincukKembali ke Suroboyo, ada makanan yang ditulis di buletin Tjroeng, yaitu Semanggi Suroboyo. Ini makanan yang nganeni kalo aku dulu lagi ke Surabaya. Hampir sama dengan Pecel Madiun -makanan khas di rumahku-, tapi ini menu utamanya dengan daun semanggi, tanaman air yang banyak ditemui di sawah-sawah desa. Disajikan dengan piring daun atau pincuk daun pisang, bumbu sambal kacang, ada kecambah (tukulan -jw-), lauknya tempe, kripik rempeyek. Continue reading

Bandeng : Ikan Susu yang Nikmat

bandengMakan ikan bandeng presto dengan sambal lalapan.. wuih enak sekali.     

Ikan bandeng (chanos chanos) umumnya telah banyak dikenal sebagai menu masakan, yaitu bandeng presto, dimana ikan bandeng ini diolah setelah dimasak menggunakan panci bertekanan tinggi (pressure cooker) untuk melunakkan tulangnya yang sekaligus bisa dimakan karena pada dasarnya ikan bandeng merupakan ikan dengan tulang sangat keras dan berdaging putih susu sehingga dikenal juga sebagai milkfish. Bandeng presto yang terkenal berasal dari pantai utara Jawa Tengah, yaitu Semarang, tepatnya di kota Juwana.

Selain dimasak dengan dipresto, ikan bandeng juga ada yang dimasak dengan dibuat pindang, dengan diasapkan atau diolah dengan resep dan rempah-rempah. Masakan pindang bandeng yang terkenal berasal dari Sidoarjo Jawa Timur.

Cara menghilangkan bau lumpur pada bandeng adalah dengan merendam pada 2 sendok makan larutan cuka sekitar setengah jam ”

Continue reading

Pengelolaan Tanaman Terpadu

Pengelolaan Tanaman Terpadu

 

Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) atau Integrated Corp Management (ICM) adalah upaya untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan produksi padi secara berkelanjutan dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia serta kemauan dan kemampuan petani. Jadi PTT menekankan parsipatori yang menempatkan pengalaman, keinginan, dan kemampuan petani sebagai subjek dalam menyikapi kemajuan teknologi (bahasa gaulnya, petani tidak gaptek gitu loh) dengan memperhatikan keanekaragaman lingkungan pertanaman dan kondisi petani sehingga teknologi menjadi mudah diterima petani. Namun demikian penerapan umum yang harus dilakukan adalah penggunaan benih bermutu dan pemberantasan hama terpadu (PHT).    Continue reading

Laskar Pelangi ….. Hadir !

Laskar Pelangi Siap di Layar Lebar Kolaborasi Peran 12 Anak Belitong Asli dengan 12 Aktor Profesional Indonesia

 

Setelah sukses menjadi novel best seller dengan penjualan lebih dari 500.000 eksemplar, kini Laskar Pelangi siap diangkat ke layar lebar dan akan memasuki tahap syuting pada tanggal 25 Mei 2008.  Film ini diproduksi oleh Miles Films bekerjasama dengan Mizan Cinema Productions, ”B” Edutainment dan Iluni UI.

Laskar Pelangi adalah sebuah kisah anak bangsa yang menggambarkan perjuangan guru dan 10 siswa di Belitong untuk sebuah pendidikan. Ide pembuatan film ini berawal dari rasa kagum Mira Lesmana dan Riri Riza selaku Produser dan Sutradara film ini terhadap buku karya Andrea Hirata yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2004. “Buku Laskar Pelangi sanggup membuat kita tiba-tiba merasa bangga jadi orang Indonesia dan memompa semangat serta optimisme kebangsaan, dengan hadirnya karakter anak-anak Laskar Pelangi, Ibu Muslimah dan Bapak Harfan,” ucap Mira Lesmana selaku Produser film ini.               Continue reading