TanyaJawab SeputarKanker

Setiap 3 menit, ada penderita kanker baru di dunia (sumber data WHO-World Health Organization). Mungkin saja Anda pun tak luput dari ancaman penyakit mematikan ini. Segera kenali kanker, factor pemicunya, dan hal-hal yang bias secara efektif dilakukan untuk menangkalnya.

Kanker (cancer) disebut juga tumor ganas. Tumor merupakan sel yang tumbuh tidak normal. Jika tumbuhnya cepat, tidak berselaput dan bisa menyebar dan menyusup ke jaringan lain, dikenal sebagai tumor ganas atau kanker. Kanker adalah mematikan. Menurut survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) 2002, kanker merupakan penyebab kematian nomor 3 bagi pasien rumah sakit di Indonesia setelah gangguan jantung dan stroke. Menurut WHO, diseluruh dunia, setiap 3 menit ada penderita kanker baru di dunia.

Penyebab kanker belum bisa dipastikan karena banyaknya factor pemicu yang bisa merangsang timbulnya kanker, antara lain :

1.    bahan cemaran kimia, seperti rokok atau bahan kimia industri

2.    penyinaran atau radiasi yang berlebihan

3.    pemberian hormone yang berlebihan

4.    rangsangan berupa benturan atau gesekan pada salah satu bagian tubuh secara berulang dalam waktu lama

5.    bahan tambahan makanan seperti pengawet, pewarna, penyedap rasa

6.    makanan yang diolah dengan suhu tinggi seperti dipanggan atau dibakar sehingga bersifat karsinogen (pemicu kanker)

7.    daya tahan tubuh rendah, mudah terinfeksi

Kanker bisa menyerang semua orang, tidak tergantung jenis kelamin, usia atau ras. Siapa saja bisa terserang kanker karena factor pemicu terdapat disekitar kita. Kanker dapat tumbuh di semua bagian tubuh. Sel kanker yang pertama tumbuh disebut sel kanker primer. Melalui pembuluh darah getah bening, sel kanker tersebut dapat menyebar ke jaringan lain. Sel kanker yang menyebar disebut kanker sekunder atau metastasis. Jenis kanker tergantung pada tempat tumbuhnya, yaitu seperti : kanker otak, kanker leher rahim (cervic), kanker payudara, kanker kulit, kanker hati, kanker tulang, kanker paru, kanker usus, kanker darah dan sebagainya. Untuk Indonesia, kasus kanker yang paling banyak menyerang adalah kanker leher rahim, kanker payudara dan kanker kulit.

Tanda-Tanda & Penanganan Kanker

Ada 7 gejala kanker yang bisa dikenali dengan istilah WASPADA :

1.      Waktu buang air besar atau kecil ada gangguan, seperti sulit keluar hingga mengeluarkan darah

2.      Alat penceranaan terganggu, susah menelan

3.      Suara serak atau batuk yang tidak sembuh

4.      Payudara atau organ lain diseluruh bagian tubuh ada benjolan yang tidak normal. Semakin lama benjolan dapat menjadi semakin besar.

5.      Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifat, yaitu semakin besar dan terasa gatal.

6.      Darah atau lender yang tidak normal keluar dari tubuh. Darah atau lender bisa keluar dari lubang-lubang yang terdapat dalam tubuh seperti mulut, hidung, telinga, organ reproduksi, dubur, dll

7.      Adanya luka atau borok yang tidak sembuh-sembuh. Bahkan luka semakin lama semakin parah

Kanker merupakan penyakit yang sulit disembuhkan. Semakin dini ditemukan semakin besar peluang untuk sembuh. Jika timbul tanda-tanda kanker (WASPADA), segera periksakan ke dokter untuk menghindari keterlambatan pengobatan. Pengobatan kanker dapat dilakukan beberapa cara :

1.      Operasi (pembedahan)

2.      Pengobatan (kemoterapi)

3.      Penyinaran (radioterapi)

4.      Peningkatan daya tahan tubuh ( imunoterapi)

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya kanker :

1.      Hindarilah factor-faktor pemicu kanker seperti yang telah dibahas,

2.      Lakukan Pola Hidup Sehat : olahraga teratur, mengurangi stress, istirahat yang cukup.

3.      Makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan.

4.      Protein yang cukup untuk regenerasi sel.

5.      Cukup cairan dalam tubuh, minum air minimal 2 liter atau 8 gelas air per hari

6.     Makanan yang mengandung antioksidan seperti Vitamin (A,C, & E) mineral (selenium, germanium), serta pigmen (klorofil,betakaroten, likopen)

SUN-CHLORELLA & Kanker

SunChlorella terbuat dari chlorella yaitu ganggang hijau air tawar bersel tunggal yang mengadung nutrisi lengkap. Keistimewaan chlorella terkait dengan kandungan utamanya :

1.    Dinding sel chlorella mengandung 46,4% serat. Serat berfungsi mencegah kanker.

2.    Klorofil sebanyak 3gr per 100gr. Klorofil berperan sebagai antioksidan dan mempunyai aktifitas antiprotelitik yang menghambat enzim pemecah protein yang dihasilkan sel kanker.

3.    Betakaroten sebanyak 180mg per 100gr. Merupakan antioksidan untuk menghancurkan sel kanker serta meningkatkan daya tahan tubuh.

4.    Chlorella Growth Factor (CGF) sebesar 5%. Kandungan CGF adalah asam amino, peptide, protein, vitamin, karbohidrat dan asam nukleat. Berfungsi untuk regenerasi sel dalam tubuh.

Beberapa hasil penelitian SunChlorella terkait dengan masalah kanker.

1.    Suplemen SunChlorella (CGF 5%) dan WakasaGold (CGF 40%) pada penderita kanker otak dapat memperbaiki kualitas hidup, memperpanjang masa hidup, memperbaiki respon imun, menjadi lebih jarang sakit (Randal E.Merchant, dkk, 1990, Virginia Commonwealth University, Medical College of Virginia, USA)

2.    Chlorella pyrenoidosa dapat menghambat proses pembentukan kanker terhadap kerja karsinogen (zat pemicu kanker) yang umumnya sangat potensial berada dalam makanan (Hideo Takekoshi, dkk, 2005, SunChlorella Corp. Kyoto Japan; Apios.Inc., Yokohama, Japan; Rakuno Gakuen University, Ebetsu, Japan)

3.    Chlorella meningkatkan system imunitas untuk menghambat perkembangan sel tumor pada tikus percobaan (Y.Miyazawa, dkk. 1988, Departements of Serology and Microbiology, Kanazawa University).

Ester-C & Kanker

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Disamping itu juga berperan dalam meningkatkan system imunitas. Berikut ini hasil penelitian Ester-C, yang merupakan vitamin C generasi ketiga, terkait dengan kanker :

1.    Ester-C mampu meningkatkan sel apoptosis dalam sel kanker pada tubuh manusia (Jariwalla, California Institute for Medical Research, USA)

2.    Ester-C dikombinasikan dengan kemoterapi akan dapat menurunkan dosis kemoterapi hingga 90% dengan tetap mempertahankan efikasinya (US Office of Trademarks and Pattents)

Produk CNI yang Membantu

þ Sun Chlorella CNI dan Wakasa Gold, mengadung nutrisi penting untuk regenerasi sel

þ CNI Ester-C Plus, meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas)

þ ORGANIC Nutrition & Rejuvelac, mengandung serat yang sangat baik untuk detoksifikasi sehingga menghindari resiko kanker

þ CNI Lyophilized Royal Jelly, mengandung 10-HDA, asam lemak yang menghambat pertumbuhan sel tumor

þ DMG, meningkatkan imunitas dan supply oksigen dalam sel tubuh

 

 Ayo kita mulai Hidup Sehat sekarang…

 

(sumber: CNI News/Jun/2006)

13 Responses

  1. Dalam kondisi darah dengan pH basa, sel kanker tak bisa tumbuh, atau pun berkembang.
    Ada beberapa kasus yang terjadi dan sangat penting. Ini sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda sendiri dan juga keluarga.
    Ternyata rahib dan nun budda yang tinggal dilingkungan alam dan hanya makan sayur selama hidupnya, darah mereka rata-rata dalam kondisi darah ber pH basa yang rendah dan tidak ada satu pun diantara mereka dideteksi penyakit kanker. Dengan demikian, saya berani berpendapat dalam kondisi darah ber pH basa yang rendah, sel kanker tidak akan tumbuh atau pun berkembang. Saya sarankan bahwa mulai sekarang kamu mengurangi makanan daging dan mengkonsumsi makanan sayur-sayuran. Kamu bisa makan ganggang hijau dan sup kenari. Mengubah kondisi tubuh dan mencoba serius cara hidup didalam lingkungan alam.
    Siapa pun harus menjaga sendiri kesehatannya dan juga mau peduli dengan kesehatan orang lain. Sebanyak 85% pasien penyakit kanker, darahnya menunjukkan ber pH asam yang tinggi didalam tubuhnya.
    Darah orang sehat dinyatakan dangan ber pH basa yang rendah, yiaitu pHnya 7.35 – 7.45.
    Darah bayi juga begitu, dalam kondisi ber pH basa yang rendah.
    Dengan bertambahnya usia, maka orang dewasa darahnya menjadi lebih ber pH asam tinggi secara alami.
    Menurut penelitian yang dilakukan terhadap sample darah 600 orang pasien penyakit kanker , sebanyak 85% diantara mereka menunjukkan ber pH asam yang tinggi. Bagaimana menjaga darah yang ber pH basa rendah adalah langkah yang pertama untuk menghindari penyakit kanker.
    Bahan makanan yang ber pH asam/basa
    1. Makanan yang ber pH asam tinggi: kuning telur, keju, roti manis, telur ikan, minyak ikan, dll.
    2. Makanan yang ber pH asam sedang: daging (paha) babi yang diasinkan (ham), daging babi yang diasin dan dikukus (bacon), daging ayam, ikan cumi-cumi, daging babi, belut, daging sapi, roti, gandum, mentiga, daging kuda.
    3. Makanan yang ber pH asam rendah: nasi putih, kacang, bir, alkohol, tahu goreng, rumput laut, remis besar (kerang), ikan gurita, ikan janggut (berkumis), etc.
    4. Makanan yang ber pH basa rendah: kacang merah, lobak, apel, sayur kubis atau kol, bawang, tahu, dll.
    5. Makanan yang ber pH basa sedang: lobak kering, kacang kedele, wartel, tomat, pisang, jeruk, labu, buah delima, putih telur, prem kering, jeruk limun,bayam, etc
    6. Makanan yang ber pH basa tinggi: buah anggur, daun teh, minuman anggur, taoge laut, ganggang laut, dll.

    Khususnya jenis ganggang hijau mengandung banyak zat hijau daun (chlorophyl) sebagai makanan kesehatan yang sangat baik dan ber pH basa tinggi.
    Jangan terlalu banyak minum teh tetapi sebaiknya minumlah teh pada pagi hari.

  2. Assalamu alaikum…………
    sebelumnya saya berterima kasih telah membaca e – mail saya dok, saya mahasiswa dari blitar saya mau tanya?tentang ibu saya dok yang sekarang mengalamai tumor kandungan ber diameter 9 cm, itu apa bisa disembuhkan tanpa operasi,,!saya sangat cemas dengan keadaannya, Dia mengeluarkan gumpalan – gumpalan darah dan kebetulan ibu saya jg punya penyakit ambeyen jg,,saya sudah mencoba memberi obat dari resep dokter,emang agak mendingan sudah reda,,tapi skarang sulit bget buang air besar ! itu knapa dok??apa efek samping dari obat atau karena tumornya saya gak tau!mohon bantuannya dok, terima kasih dok, saya tunggu balasannya.

    maaf, mas yani (cmiiw),
    saya bukan dokter, saya hanya pemerhati kesehatan.
    Untuk hal tersbut ada yang mengatakan dengan keyakinan, namun tetap memperhatikan saran/nasehat dokter/ahli kesehatan.
    Bila ditanyakan ke pemerhati kesehatan, maka secara dasar yg disarankan adalah memperbaiki kesehatan umum-nya (KU) dahulu dimana akan diperoleh cukup imunitas.
    Kadangkala pendapat pemerhati kesehatan belum sepenuhnya diterima oleh dokter/kalangan medis karena masih dlm tataran wacana dan testimoni. Dengan keyakinan dan kemauan diri yang kuat (sugesti diri) akan banyak membantu penyembuhan diri (self healing).
    Semoga ibunda bisa segera diberikan kesehatan & kita diberikan petunjuk dan kemampuan membantu beliau.
    Dmk, tks

  3. Info-info yang menarik.

  4. Q ingin bertanya tentang penyakit kanker..
    gini,, Q udah 19 tahun saat ini.
    Saat masih SMP, Q ngalamin kecelakaan. Hingga kepala bagian belakang bengkak. Terus kata dokter, bila muntah kemungkinan ada gangguan dengan otak kecil maka mesti periksa ke rumah sakit. Q memang terus muntah tapi tetap ditahan jadi Q gak periksa. Sejak kejadian tu, mata secara perlahan-lahan menurun daya lihatnya sekarang Q make kacamat. Terus terkadang agak susah ngomongnya tpi gak sampai terbata-bata juga. Sulit mendengar, gak bisa konsentrasi jika banyak permintaan pekerjaan, lambat mengerti, dan selalu pusing. Sekarang ini, nasi aja gak mau masuk, trasanya pengen muntah,Q selalu mual. TanganQ terasa sakit bila menggenggam kuat-kuat.. Mudah lelah pokoknya.

    • salam kenal julyana,saya eni..bgmn kabarmu..sudah sembuh?klo blm dan mau share boleh ke saya di 08158244179.tq

  5. 1. apabila saya berjabatan tangan atau bersentuhan kulit dengan kaka saya yg terkena kanker serviks dapatkah menularkan kanker ke saya ?

    2. penggunaan kamar mandi bersama, saya pernah membaca salah satu faktor terkena kanker serviks adalah closet duduk ?

    3. apakah tidur satu kamar dengan penderita kanker serviks dapat menularkan virus human papillomavirus (HPV) ? sebelumnya saya merasa kesihan menghindari menjauhi kaka saya karena saya takut tertular kanker serviks.

  6. saya mau tanya…
    Saya punya teman dia bercerita kepada saya, dan menanyakan hal.hal seperti ini…
    1. Kadang kadang kepala bagian belakangnya terasa sakit
    2. Rambutnya sering rontok tanpa sebab
    3. Ad benjolan kecil di lehernya
    4. Dadanya sering merasa nyeri
    apakah itu termasuk kanker??

  7. apakah kanker testis, kanker prostat, atau kanker kandung kemih bisa disembuhkan tanpa operasi, dan bisa sembuh hanya dengan memanfaatkan makanan yang berPH basa tinggi maupun Klorofil ??

    mohon bantuannya…

    • mas fazer salam kenal..saya eni,mas saya ada solusi bagus buat mas,klo mau mas bisa hub saya 08158244179,semoga membantu.tq

  8. Nama saya Dewi,saya umurnya 11 tahun.
    gejala2 kanker otak yang banyak dijelaskan digoogle ini banyak yang sama dengan gejala yang saya alami kecuali saat terasa mual saya tidak sampai muntah hanya terasa mual saja dan kadang dada terasa sesak seperti ditekan kedalam.
    Saya sudah hampir 2 bulan merasakan gejala ini,namun,saya enggan berbicara pada orang tua. saya takut mereka khawatir karena saat ini kondisi keuangan keluarga kami menipis.
    Apa itu berarti saya terkena kanker otak?

    • dek dewi salam kenal..saya eni,saya ada sedikit solusi buat adk,klo mau tlp/sms saya ya 08158244179,tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: