STRIKE !! Mancing Toman

ikan-genitDi kesunyian alam ini, memaksa aku untuk mengikuti kesunyian itu, karena didalamnya ada kesukaan besar, kesukaan yang didambakan. Tidaklah rugi mengikutinya, toh aku ikhlas, aku nikmati dan malah dilayani dengan kesyahduan, ketenangan itu, suara tak berwujud, pelayan-pelayan alam.

Sampailah aku ke hamparan permadani alam, terhampar kaca cermin diatas beningnya air. Namun impianku, dambaanku dari bawah air itu, bersemayam : kekuatan, kehebohan, sekaligus kemachoan penghuni satu itu. Ya.. dia si Toman (snake head fish).

Toman sebangsa ikan gabus namun berukuran besar yang mempunyai berat bisa dari 2 kg sampai lebih dari 5 kg (seberapa itu ya??), menghuni rawa, telaga atau perairan dangkal yang relatif tenang. Kondisi lingkungan yang teduh adalah habit hidupnya. Ia hidup sebagai ikan pemburu tak kenal takut. Ikan kecil, sedang, besar adalah menu hariannya. Ikan dari arwana, sampai red-devil yang terkenal sebagai predator air, dilahapnya bila mendekat. Katak, cicak, bahkan burung yang hinggap di ranting rendah di dekat permukaan air yang sambil mengincar ikan kecil (pantau/seliang/wader), sang burung itu pun diterjang lompatinnya.

Sebagaimana ikan predator, sikapnya malah cenderung tenang namun dengan pasti dan tepat pada target yang diincarnya. Sikap inilah yang sebenarnya menjadi cara yang paling mudah menangkapnya. Di Kalimantan, sepanjang rawa kota-kota di Kalimantan Selatan : Banjarmasin-Amuntai-sampai ke Kalimantan Tengah di Kabupaten Barito, banyak dijumpai orang “maunjun” alias memancing ikan gabus (ikan haruan) dengan menggunakan anak itik yang diikat. Beberapa angler menggunakan minnow/popper atau secara tradisional menggunakan umpan potongan daging ayam segar, memperlakukannya dengan cara mengganggunya. Kepakan kaki anak itik yang tergantung, cipakan minnow/popper, atau hentakan umpan big size itulah pengganggunya. Jadi ia akan segera merespon dengan menyerangnya.

Dan kali ini – di telaga aliran sungai Kampar Kanan, Buluhcina Pekanbaru – …. temen dapat strike toman, temen seneng, ikut seneng… STRIKE more….

Filosofinya :

  1. Di dalam kesunyian, tersimpan kekuatan yang menakjubkan, dahsyat, spektakuler
  2. Hasil luar biasa tentunya cara-cara yang tidak biasa

4 Responses

  1. mantab.. toman kan ada yg seberar orang ya..

    toman ini pelepas kangen strike di fresh water yg ada sentakan lumayanlah ..
    kalo yang sebesar orang, itu sih toman-toman sekalian..🙂
    tqu

  2. wah Asyik ne…Salam kenal..

  3. salam mancing buat kawan2 kampar kiri mania,banjir neehh..

  4. Ajak dong bang ke bulcin nya……..

    salam buat p.rt & tukang pompong kami, fahmi.. hehehe…

Comments are closed.

%d bloggers like this: